Your Ad Here

Thursday, June 7, 2012

'KIA Rio di Indonesia Bebas Recall'

'KIA Rio di Indonesia Bebas Recall'
Jakarta - Beberapa waktu lalu KIA menarik puluhan ribu KIA Rio karena ditenggarai memiliki masalah di fitur kantung udara. Namun KIA menegaskan kalau langkah itu hanya dilakukan di Amerika. Mobil KIA Rio yang ada di Indonesia pun diklaim aman dari masalah.

PT KIA Mobil Indonesia dalam pernyataan resminya menjelaskan kalau di Indonesia All New RIO diluncurkan di Indonesia pada Desember tahun 2011 silam dimana secara spesifikasi antara KIA Rio yang dijual di Indonesia dan Amerika tidaklah sama.

"Berkaitan dengan hal tersebut maka PT KIA Mobil Indonesia selaku APM (Agen Pemegang Merek) KIA di Indonesia menyatakan bahwa model RIO yang dipasarkan di Indonesia secara spesifikasi adalah berbeda dengan yang dipasarkan di Amerika sehingga baik model RIO maupun All New Rio yang beredar dan dipasarkan di Indonesia tidak mengalami permasalahan tersebut," papar KIA, Jumat (8/6/2012).

"Rio yang dipasarkan di Indonesia tidak dilengkapi fitur tersebut sedangkan pada All New Rio dilengkapi fitur airbag pada posisi duduk pengemudi," tambah KIA.

"Saat ini PT KIA Mobil Indonesia memberikan garansi terbaik yaitu garansi 5 tahun atau 150.000 km. Program garansi tersebut merupakan wujud tanggung jawab KIA dalam hal kualitas produk dan pelayanan sebagai produsen otomotif dunia dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi pengguna KIA di Indonesia," tuntasnya.

Sebelumnya diberitakan kalau ada 73.000 mobil KIA Rio yang terpaksa ditarik di Amerika Serikat setelah Badan Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas Amerika atau The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menemukan kantung udara (airbag) depan mobil tersebut berpotensi bermasalah.

"Temuan tersebut adalah adanya dugaan keretakan pada sensor kantung udara (airbag) untuk tempat duduk penumpang depan sehingga tidak dapat mendeteksi keberadaan penumpang," jelas KIA.

KIA juga mengatakan kalau recall tersebut hanya dilakukan untuk model Rio yang diproduksi di Amerika dalam kurun waktu February 2005 sampai dengan December 2007. Dan KIA Amerika akan mengganti sensor tersebut secara gratis mulai Juli 2012 ini.

Sumber : detik.com

0 comments:

Post a Comment