Your Ad Here

Saturday, May 12, 2012

Kaligrafi Pelepah Pisang SMKN 2 Cetak MURI

SEMARANG - Lukisan kaligrafi berbahan dasar pelepah pisang karya murid-murid SMK Negeri 2 Semarang, berhasil mencetak rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia, Sabtu pagi (12/5). Pasalnya kaligrafi yang bertuliskan surat Al-Baqoroh ayat 1-286 tersebut berukuran panjang 720 meter.

Pembuatan lukisan ini melibatkan sebanyak 700 murid dari kelas X dan XI. Masing-masing murid membuat lukisan kaligrafi diatas papan dengan ukuran satu hingga satu setengah meter. Kreasi dari tiap murid pun bermacam-macam, selain menggunakan bahan dasar pelepah pisang, mereka juga memanfaatkan kulit bawang, kulit telur, pasir, dan kulit kerang untuk memperindah kaligrafi.

Proses penyelesaian rekor ini pun membutuhkan waktu dua bulan, yakni satu bulan pertama murid-murid diberikan teori dan juga pelatihan. Pelatihan ini penting, karena dalam pembuatan kaligrafi detail huruf sangat diperhatikan, dan membuatnya pun harus teliti.

Salah seorang siswi kelas XI, Dian Tri Wulandari mengatakan ketelitian sangat diperlukan, sebab bila salah maka huruf tersebut tidak dapat terbaca.

“Karena seni lukis kaligrafi merupakan salah satu seni yang memiliki arti, maka kita harus membuatnya dengan teliti, sehingga dapat dibaca dan dinikmati secara visual,” ujarnya.

Sumber : suaramerdeka.com

0 comments:

Post a Comment